Sianturi, Kurnia Desyanto and Sugiyono, Sugiyono (2017) Pengaruh Manajemen Stres, Manajemen Diri, dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-kurnia-desyanto-sianturi-12703251013.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat manajemen stres, manajemen diri, disiplin belajar, dan prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta, dan 2) Membuktikan pengaruh manajemen stres, manajemen diri, dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar pada siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Untuk menjawab tujuan penelitian ini, maka digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survai. Populasi penelitian terdiri dari 7914 siswa di seluruh SMA Negeri di Kota Yogyakarta yang berjumlah sebelas (11) sekolah. Sampel penelitian berjumlah 1000 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada variable manajemen stress, manajemen diri dan disiplin belajar dengan menggunakan kuesioner, sedangkan teknik pengumpulan data pada variable prestasi belajar dengan menggunakan data leger. Pengujian validitas item dilakukan dengan mengkorelasikan skor setiap item jawaban responden dengan skor total item pernyataan, sedangkan reliabilitas instrument diuji dengan konsistensi internal teknik Alpha-Cronbach. Uji persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas, multikolinieritas. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi ganda dan koefisien determinan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas prestasi belajar tergolong sedang sebanyak 50,6% dari keseluruhan sampel. Manajemen stress tergolong tinggi yaitu 47,9% dari keseluruhan sampel dan manajemen diri tergolong tinggi yaitu 58,6% dari keseluruhan sampel serta disiplin belajar tergolong tinggi yaitu 54,7% dari keseluruhan sampel. Korelasi parsial antara manajemen stress (X1) dengan prestasi belajar adalah 0,381, korelasi parsial antara manajemen diri (X2) dengan prestasi belajar adalah 0,370, korelasi parsial antara disiplin belajar (X3) dengan prestasi belajar adalah 0,302. Korelasi berganda manajemen stress, manajemen diri, dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar adalah 0,709 dengan F hitung 336 (signifikan pada level 5%). Besarnya kontribusi (R square) sebesar 50,3%, artinya manajemen stress, manajemen diri, dan disiplin belajar berpengaruh 50,3% terhadap prestasi belajar. Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa manajemen stress, manajemen diri, dan disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMAN di Kota Yogyakarta. Hal ini membuktikan terdapat pengaruh manajemen stres, manajemen diri, dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar pada siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Kata kunci: manajemen stress, manajemen diri, disiplin belajar, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 03 Feb 2018 04:10 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |