SURYANI, ELIS and Aman, Aman (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI IMPLEMENTASI METODE JIGSAW DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MASARAN SRAGEN. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-elis suryani-15705251001.swf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan aktivitas belajar IPS siswa menggunakan metode Jigsaw dibandingkan menggunakan metode Ceramah di Kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran, (2) ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPS siswa menggunakan metode Jigsaw dibandingkan menggunakan metode Ceramah di Kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran, (3) keefektifan metode Jigsaw terhadap aktivitas belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran, dan (4) keefektifan metode Jigsaw terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran. Penelitian ini merupakan True Experimental Design dengan desain Pretest- Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen menggunakan Metode Jigsaw kelas VIII C sebagai kelas kontrol menggunakan Metode Ceramah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Validitas ditentukan atas pertimbangan dosen pembimbing dan validator. Pengujian Reliabilitas menggunakan Split Half Method. Analisis data menggunakan analisis statistik independent sample t-test terhadap gain score dengan bantuan program SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS menggunakan metode Jigsaw dibandingkan menggunakan metode Ceramah di Kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t pada aktivitas belajar, nilai ݐ௧௨ = 2,377 dengan taraf signifikansi 0,021<0,05 dan hasil uji-t pada hasil belajar, nilai ݐ௧௨ = 2,396 dengan taraf signifikansi 0,020<0,05. Selanjutnya besar ukuran efek metode Jigsaw terhadap aktivitas belajar sebesar 0,54 (0,2<d<0,8)/efek sedang. Besar ukuran efek metode Jigsaw terhadap hasil belajar sebesar 0,64 (0,2<d<0,8)/efek sedang. Hal ini berarti, metode Jigsaw efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran. Kata Kunci: metode jigsaw, metode ceramah, aktivitas belajar, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 02 Feb 2018 07:42 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |