PROFIL SISWA BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN KELAS RENDAH DI SD NEGERI TEGALPANGGUNG KOTA YOGYAKARTA

Khoirurrokhmani, Istarocha (2012) PROFIL SISWA BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN KELAS RENDAH DI SD NEGERI TEGALPANGGUNG KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Istarocha Khoirurrokhmani.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) profil siswa berkesulitan belajar membaca permulaan, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi siswa berkesulitan belajar membaca permulaan, (3) peran orang tua dan guru, (4) kendala yang dialami siswa, orang tua, dan guru, dan (5) upaya penanganan yang sudah dilakukan guru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa berkesulitan belajar membaca permulaan kelas 1 dan 2, orang tua, dan guru kelas 1 dan 2. Setting penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tegalpangggung yang bertempat di jalan Tegalpanggung, kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta. Pemilihan lokasi penelitian ini ditentukan sesuai dengan sasaran dan tujuan dengan menggunakan purposive sampling karena sasaran dan tujuannya yaitu adanya siswa berkesulitan belajar membaca permulaan di SD Negeri Tegalpanggung karena yang diteliti mengenai profil siswa berkesulitan belajar membaca permulaan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dari ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkesulitan belajar membaca permulaan kelas rendah di SD Negeri Tegalpanggung sebanyak 16 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain inteligensi, ketidaksempurnaan sensori, kemampuan memusatkan perhatian, fungsi otak yang minimal, keturunan, kondisi psikologis, lingkungan, dan pendidikan. Peran guru dan orang tua antara lain memberikan motivasi, penghargaan, bimbingan yang berbeda, membimbing dan/atau mendampingi anaknya belajar. Kendala yang dialami siswa, orang tua, dan guru antara lain keterbatasan kata, interaksi sosial, rendahnya motivasi belajar, ruang belajar yang tidak nyaman, dan tidak adanya tambahan pelajaran. Upaya penanganan yang dilakukan guru antara lain meminjamkan buku, dan melakukan pengamatan secara kontinyu antar jenjang kelas. Kata kunci : profil, berkesulitan belajar, membaca permulaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5527

Actions (login required)

View Item View Item