LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

DWI APRIYONO, DWI APRIYONO (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14206244020_DWI APRIYONO_PENDIDIKAN_SENI RUPA_FBS.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta semester gasal tahun 2017 yang berlokasi di SMP Negeri 1 Prambanan Klaten telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September - 15 November 2017. Kelompok PLT di lokasi ini terdiri dari 8 mahasiswa dari 4 program studi, yaitu Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Penjasorkes, Pendidikan IPA. Tujuan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya yang ada di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan analisis hari efektif, penyusunan program semester, program tahunan, silabus, pemetaan, dan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 21 September sampai dengan 13 November 2017, yaitu mengajar kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F, VII G, VII H, VIII H dengan pokok bahasan yang diajarkan meliputi dua bab dikelas VII dan dua bab di kelas VIII, kelas VII bab pertama membahas tentang menggambar flora, fauna, dan alam benda kemudian bab kedua membahas tentang menggambar ragam hias flora, fauna, geometris dan figuratif. Mengajar kelas VIII dengan pokok bahasan bab pertama membahas tentang menggambar model (alam benda) kemudian bab kedua membahas tentang menggambar ilustrasi. Program kegiatan PLT dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PLT ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PLT untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PLT yakni praktikan masih kurang dalam memanajemen peserta didik, terdapat beberapa peserta didik yang telat mengumpulkan tugas. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PLT adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PLT.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT, Universitas Negeri Yogyakarta, SMP Negeri 1 Prambanan Klaten.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Feb 2018 06:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55254

Actions (login required)

View Item View Item