LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Nadia Nida’ul Fadhila, Nadia Nida’ul Fadhila (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NADIA NIDA'UL F_14802241045.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa UNY dalam rangka menempuh kegiatan pembelajaran di kampus. PLT dilaksanakan dalam bentuk praktek mengajar dan praktek menjadi tenaga pengajar di sekolah yang telah ditentukan. PLT ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu mengambil hal-hal baik yang dapat dipelajari dari sekolah dan mampu mengamalkan kelak di kehidupannya setelah lulus kuliah atau di dunia kerja. Lokasi tempat pelaksanaan PLT terdiri dari berbagai daerah dan SMK, sekolah yang ditempati sebagai lokasi salah satunya adalah SMK 2 Muhammadiyah Klaten Utara. Adapun mahasiswa UNY yang melaksanakan PLT di SMK 2 Muhammadiyah Klaten Utara berjumlah 10 orang, yang terdiri dari 6 mahasiswa jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Informatika, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Pendidikan Akuntansi. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan dalam seminggu di kelas X AP 1 dan X AP 2. Mata pelajaran yang diajarkan adalah mata pelajaran kearsipan, mata pelajaran ini membahas mengenai dokumen dan cara penangannya. Media dalam pembelajaran ini menggunakan laptop, papan tulis, kapur, spidol dan LCD proyektor. Metode pembelajaran menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, dan ditambah permainan ice breaking untuk mendinginkan suasana pembelajaran Pelaksanaan PLT ini dapat dikatakan cukup baik meskipun dalam beberapa hal mengalami kesulitan dan hambatan yang mengurangi konsentrasi dalam melaksanakan kegiatan praktik ini. Dalam praktik mengajar, mahasiswa mengusahan melakukan pengajaran yang terbaik dan membuat peserta didik menjadi lebih memahami materi, namun beberapa kendala masih saja terjadi dan membuat kegiatan pembelajaran menjadi kurang terkondisikan. Untuk mengatasi berbagai kendala dan masalah dan kegiatan PLT maupun kegiatan mengajar, mahasiswa berusaha memperbaiki diri dan mencari letak kesalahan sehingga berbenah diri dan melaksanakan berbagai kegiatan dengan lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, Praktik Kearsipan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55243

Actions (login required)

View Item View Item