PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRUKTUR BUMI BERBANTUAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI KLEGUNG 1 KABUPATEN SLEMAN

ASTUTI, HENNI SOFIE and Prasojo, Lantip Diat (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRUKTUR BUMI BERBANTUAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI KLEGUNG 1 KABUPATEN SLEMAN. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-henni-sofie-astuti-15712259030.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar struktur bumi menggunakan lectora inspire yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dan (2) mengetahui keefektifan bahan ajar struktur bumi menggunakan lectora inspire yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model dari Borg & Gall (1983:775). Subjek uji coba adalah siswa kelas V SD Negeri Klegung 1 Kabupaten Sleman. Subjek uji coba terbatas terdiri atas satu siswa. Subjek uji coba lapangan terdiri atas sembilan siswa yang belum terlibat pada uji coba terbatas, dan subjek uji coba produk operasional terdiri dari 42 siswa yang terbagi dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket motivasi belajar, angket respon siswa, validasi ahli materi, dan validasi ahli media. Analisis data menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian berupa bahan ajar struktur bumi menggunakan lectora inspire yang layak dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kelayakan bahan ajar ini dapat dilihat dari hasil penilaian ahli materi pada aspek pembelajaran sebesar 42 pada skala baik dan aspek materi sebesar 88 pada skala sangat baik, dan ahli media pada aspek tampilan dan keterpaduan isi sebesar 64 pada skala baik dan aspek pemrograman dan interaktivitas sebesar 44 pada skala baik. Menurut respon siswa, bahan ajar yang dikembangkan masuk kategori sangat baik, sedangkan keefektivan bahan ajar dapat dilihat dari hasil uji coba produk operasional yang menunjukkan p<0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan memakai bahan ajar struktur bumi menggunakan lectora inspire dan yang tidak menggunakan bahan ajar hasil pengembangan. Pada uji-t berpasangan didapatkan nilai signifikansi 0.000 dan uji-t independen didapatkan nilai signifikansi 0.047. Kata Kunci : bahan ajar, lectora inspire, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2018 07:44
Last Modified: 09 May 2019 08:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55229

Actions (login required)

View Item View Item