PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN SEKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP BAHAYA PERILAKU SEKS BEBAS DI SMP NEGERI 1 PULOSARI KABUPATEN PEMALANG

NISA, ISMI KOMARIATUN and Sugito, Sugito (2018) PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN SEKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP BAHAYA PERILAKU SEKS BEBAS DI SMP NEGERI 1 PULOSARI KABUPATEN PEMALANG. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ismi komariatun nisa-5713251027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan sebuah produk pengembangan berupa modul tentang pendidikan seks sebagai media layanan Bimbingan dan Konseling (BK) untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahaya perilaku seks bebas di SMP yang layak digunakan, dan (2) mengetahui efektivitas modul pendidikan seks digunakan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahaya perilaku seks bebas di SMP N 1 Pulosari Kabupaten Pemalang. Penelitian pengembangan ini mengacu pada pada langkah penelitian pengembangan (R&D) oleh Barg and Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokan atas empat prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) eksplorasi, (b) pengembangan draft, (c) uji coba produk dan revisi, dan (d) validasi akhir. Subyek uji coba lapangan awal sebanyak 3 siswa,uji coba terbatas sebanyak 7 siswa, dan uji coba operasional sebanyak 32 siswa di SMP N 1 Pulosari Kabupaten Pemalang. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian berupa angket uji kelayakan modul kepada ahli media, ahli materi, dan ahli layanan BK, serta angket untuk siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan rata-rata gain score pada kelompok kontrol sebesar 0,32 berada pada kategori g ≤ 0,3 atau Rendah dan gain score pada kelompok eksperimen sebesar 0,88 berada pada kategori g ≥ 0,7 atau Tinggi. Selisih peningkatan antara kelompok kontrol dengan kelompok eskperimen adalah 56%. Hasil uji t data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai Sig. (2-tailed)=0,001 ≤ 0,005 atau 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa odul pendidikan seks efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahaya perilaku seks bebas untuk siswa SMP N 3 Pulosari Pemalang. . Kata kunci : modul pendidikan seks, perilaku seks bebas.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2018 07:44
Last Modified: 26 Oct 2022 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55225

Actions (login required)

View Item View Item