Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Pengambilan Keputusan dalam Memecahkan Soal Matematika Siswa SMA Yogyakarta

TARIGAN, ELTALINA BR and Triyono, Moch Bruri (2017) Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Pengambilan Keputusan dalam Memecahkan Soal Matematika Siswa SMA Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eltalina br tarigan-15731251003.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh efikasi diri terhadap pengambilan keputusan dalam memecahkan soal matematika siswa SMA Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan angket efikasi diri dan angket pengambilan keputusan dalam pemecahan soal matematika yang diberikan kepada siswa SMA Yogyakarta yang diambil secara acak sesuai level sekolah yang berjumlah 390 siswa dengan usia rata-rata 16 tahun. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang telah diuji validitasnya dengan korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan Alpha-Cronbach. Adapun analisis datanya dilakukan secara deskriptif dan analisisuji regresi sederhana dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh yang siginifikanvariabel efikasi diri terhadap variabel pengambilan keputusan dengan tingkat signifikan 0,000. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana yang telah dilakukan, diperoleh hasil efikasi diri siswa terhadap kemampuan pengambilan keputusan dalam memecahkan soal matematika sebesar 2,02%, sedangkan sisanya sebesar 97,8% kemungkinan dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya, seperti pengaruh motivasi, kemandirian dan lain sebagainya. Hasil persamaan regresinya dapat ditulis dengan Y= 14,117 + 0,239X. Hal ini berarti semakin tinggi efikasi diri siswa, maka semakin baik pula pengambilan keputusannya. Kata Kunci:Efikasi Diri , PengambilanKeputusan Matematika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2018 07:47
Last Modified: 09 May 2019 08:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55222

Actions (login required)

View Item View Item