WICAKSANI, ALIFIA CAHYA and Farozin, Muh (2017) Kebahagiaan Ditinjau dari Teori Kepribadian The Big Five pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Belik. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-alifia cahya wicaksani-15731251004.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) tingkat kebahagian pada guru, (2) dimensi kepribadian the big five guru, dan (3) pengaruh dimensi kepribadian the big five terhadap kebahagiaan pada guru sekolah dasar di Kecamatan Belik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Tempat penelitian adalah SD Kecamatan Belik. Subjek terdiri dari 210 guru SD di Kecamatan Belik. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, instrumen yang digunakan untuk mengukur big five berbentuk skala likert dengan menggunakan BFIdanPANAS-Xuntuk mengambil data kebahagiaan. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa, kebahagiaan pada guru di Kecamatan Belik tergolong tinggi. Dimensi kepribadian the big five pada guru yang paling dominan adalah extraversion diikuti dengan agreeableness, concientiousness, openness dan neuroticism. Hasil statistik secara kuantitatif menunjukkan bahwa adanya pengaruh dimensi kepribadian thebig five terhadap kebahagiaan. Dimensi kepribadian the big five yang berpengaruh terhadap kebahagiaan adalah extraversion, agreeableness, neuroticism, dan openness, sedangkan concientiousness tidak berpengaruh terhadap kebahagiaan. Tipe extraversion pada guru memberikan kontribusi sebesar 2,85%, agreeablenesssebesar 2,25 %, openness sebesar 3,80% dan neuroticismsebesar 2,13% terhadap kebahagiaan. Kata Kunci : kebahagiaan, teori kepribadian, the big five
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Psikologi |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 02 Feb 2018 07:45 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |