PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI III MOJOPURO KECAMATAN WURYANTORO KABUPATEN WONOGIRI

Lestari, Wuryati Puji (2012) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI III MOJOPURO KECAMATAN WURYANTORO KABUPATEN WONOGIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wuryati Puji Lestari.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas IV, V, dan VI Sekolah Dasar Negeri III Mojopuro Kecamatan Wuryantoro Kabupaten Wonogiri. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV, V, dan VI. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pertimbangan bahwa penelitian ini tidak menguji hipotesis ataupun mencari hubungan dari beberapa variabel, tetapi memaparkan fenomena yang ada yang sesuai dengan kenyataan di lapangan yaitu tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri III Mojopuro Kecamatan Wuryantoro Kabupaten Wonogiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pengamatan, angket, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman pengamatan dan angket tertutup. Analisis data yang digunakan secara deskriptif kualitatif yaitu memaparkan keadaan di lapangan secara faktual dan untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya digunakan triangulasi data dengan cross ceck yaitu dengan membandingkan hasil dari metode wawancara, pengamatan, angket, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri III Mojopuro Kecamatan Wuryantoro Kabupaten Wonogiri ternyata sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan adanya kreativitas guru mampu menciptakan modifikasi pembelajaran sehingga pembelajaran penddidikan jasmani menjadi sangat menarik dan memberikan kesan positif bagi siswa. Dalam mengajar, guru menyesuaikan dengan karakteristik siswa-siswanya yang memiliki bakat, minat dan kemampuan yang berbeda-beda. Guru yang efektif dapat memberikan kesan positif bagi siswa dan memberikan sumbangan untuk memacu pertumbuhan dan perkembangan jasmani, rohani, mental, emosional, dan sosial serta membiasakan pola hidup sehat. Kata kunci: pembelajaran pendidikan jasmani, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5520

Actions (login required)

View Item View Item