Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi Kelas X di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta

Regina Yudha Rinarta, - (2011) Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi Kelas X di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Regina_Yudha_Rinarta.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi dengan menggunakan media audio visual dan mendapatkan bukti-bukti bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta yang berjumlah enam orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi atau pengamatan secara langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa dapat ditempuh dengan menayangkan VCD pembelajaran. Bukti-bukti yang menunjukkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar geografi setelah menggunakan media audio visual adalah sebagai berikut: (1) jumlah siswa aktif dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan antara lain; jumlah siswa yang memperhatikan penjelasan melalui audio visual meningkat dari siklus I (66,7%), siklus II (100%) dan siklus III (100%), mencatat penjelasan materi dari media audio visual siklus I (66,7%), siklus II (100%) dan siklus III (100%), menjawab pertanyaan dari guru secara spontan siklus I (33,3%), siklus II (50%) dan siklus III (83,3%), mengajukan pertanyaan siklus I (33,3%), siklus II (50%) dan siklus III (66,7%), menanggapi respons siswa lain siklus I (50%), siklus II (66,7%) dan siklus III (83,3%), menjawab dengan ditunjuk siklus I (0%), siklus II (50%) dan siklus III (83,3%), memperhatikan penjelasan guru siklus I (83,3%), siklus II (100%) dan siklus III (100%), melaksanakan tugas siklus I (100%), siklus II (100%) dan siklus III (100%), dan berkurangnya aktivitas pasif siklus I (50%), siklus II (33,3%) dan siklus III (16,7%). (2) rata-rata nilai meningkat dari siklus I (61,67 ) siklus II (86,67) Siklus III (92,5). Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran geografi dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta. Kata Kunci: Media Audio Visual, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Geografi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:08
Last Modified: 29 Jan 2019 13:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item