LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Sri Nurmala, Sri Nurmala (2017) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14205241049_Sri Nurmala_P B.Jawa.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh semua mahasiswa UNY yang mengambil prodi atau jurusan kependidikan. Program Praktik Lapangan Terbimbing yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berguna untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Melalui kegiatan PLT tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pada kegiatan praktik ini, mahasiswa diharap mampu belajar secara nyata di lapangan dengan menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah dimiliki setelah mendapatkan bekal menjadi calon guru yang baik dan berkualitas. SMK Muhammadiyah 1 Sleman berlokasi di Jl. Agrowisata km 01 Panasan, Triharjo, Sleman, Yogyakarta. SMK Muahamadiyah 1 Sleman merupakan sekolah yang memiliki potensi cukup besar. SMK Muhammadiyah 1 Sleman memiliki kurang lebih 450 siswa yang terdiri dari 3 kompetensi keahlian yaitu: Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Multimedia (MM) dan Teknik Sepeda Motor (TSM). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada SMK Muhammadiyah 1 Sleman terhadap kondisi sekolah secara keseluruhan baik dari segi fisik, potensi siswa, guru dan karyawan, serta fasilitas yang disediakan sekolah, maka mahasiswa kemudian merancang kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMK Muhamadiyah 1 Sleman yang terkait dengan kebutuhan pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Bimbingan mengenai apa yang harus dilakukan sebelum terjun mengajar di sekolah juga telah diberikan sebelumnya oleh dosen pembimbing. Tidak hanya prosedur pelaksanaan pembelajaran di kelas, namun juga mengenai penyusunan administrasi guru yang lengkap, baik, dan sesuai peraturan yang berlaku. Seluruh rangkaian kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang telah mahasiswa laksanakan telah memberikan banyak pengalaman serta pengetahuan mengenai menjadi guru yang profesional yang senantiasa menjunjung kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Diharapkan program PLT UNY yang setiap tahun dilaksanakan akan semakin baik dengan prosedur yang sesuai serta pembagian kebutuhan mahasiswa di sekolah yang lebih adil dan merata dan dapat membantu para peserta didik dalam memudahkan kegiatan belajar para siswa sehingga dengan adanya PLT ini tidak hanya memberikan manfaat kepada para peserta PLT namun juga memberikan manfaat bagi para siswa siswi SMK Muhammadiyah 1 Sleman.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY, SMK Muhammadiyah 1 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Jan 2018 01:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55194

Actions (login required)

View Item View Item