LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Yuseva Ayu Nourmalinda Deassy Afsari, Yuseva Ayu Nourmalinda Deassy Afsari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL YUSEVA-PBI-13202244028.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan suatu program terpadu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Program PLT ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Mahasiswa yang telah memenuhi syarat PLT praktik mengajar langsung di sekolah yang telah ditentukan. Selain itu, program PLT ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah sekolah. Pihak sekolah dan mahasiswa PLT UNY gotong royong, bekerja sama, dan bersinergi selama PLT berlangsung guna mengembangkan dan memajukan sekolah. Selain itu, kegiatan PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman dan meningkatkan skill mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik di sekolah. Kegiatan PLT di SMP Negeri 3 Pakem dimulai sejak tanggal 15 September hingga 15 November 2017. Adapun pelaksanaan program PLT tersebut meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, penyusunan RPP, penyususnan media pembelajaran, praktik mengajar, pelaksanaan piket di sekolah, dan kegiatan pengembangan diri, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yag meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Praktik mengajar yang dimulai pada tanggal 18 September sampai 15 November 2017 terhitung sebanyak 46 kali pertemuan dengan menggunakan 8 RPP. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VII A dan C SMP N 3 Pakem dengan alokasi waktu 2x40 menit untuk setiap pertemuan. Materi yang disampaikan terkait pengenalan diri, greeting (salam) – leave taking (perpisahan), waktu (jam, hari, bulan,, tanggal, dan tahun), nama – nama hari nasional, serta benda-benda yang terdapat di lingkungan sekitar peserta didik, nama-nama ruang di sekolah, dan bangunan – bangunan publik. Permasalahan yang ditemui mahasiswa PLT di SMP Negeri 3 Pakem adalah masalah pengelolaan kelas. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman secara langsung berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengeolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang 8 baik antara mahasiwa PLT dengan peserta didik, sehingga terjalin kerjasama antara pendidik dan peserta didik ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Dengan demikian, kegiatan PLT ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah maupun kepada mahasiswa sendiri untuk mengembangkan kemampuan dan mengaplikasikan pengetahuan pengalaman praktik mengajar di kelas yang berguna dimasa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Praktik Mengajar, Bahasa Inggris, SMP N 3 Pakem.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Jan 2018 00:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55189

Actions (login required)

View Item View Item