LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Sukma Rani Hima Dila, Sukma Rani Hima Dila (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU SUKMA RANI HIMA DILA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada waktu semester ganjil tahun akademik 2017/2018 Jurusan Pendidikan Seni Tari yang berlokasi di SMP Negeri 1 Pakem. Praktik Lapangan Terbimbing merupakan sarana bagi mahasiswa jenjang S1 program studi kependidikan untuk mengabdikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah. Dengan adanya program PLT, mahasiswa mempunyai kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dipelajari di sekolah. Dengan dilaksanakannya program PLT diharapkan bermanfaat bagi semua pihak yang terkait, serta dapat menciptakan calon guru yang terampil, berpengalaman dan profesional sehingga mampu menjadikan peserta didik yang berkaitan dengan kemajuan pendidikan. Kegiatan PLT dilaksanakan mulai tanggal 15 September sampai tanggal 15 November 2017 yang berlokasi di SMP N 1 Pakem. Pada tahap pertama mahasiswa melakukan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai proses belajar mengajar. Kemudian, mahasiswa melakukan praktik pengajaran dengan di dampingi guru pembimbing. Persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar antara lain membuat RPP dan media pembelajaran. Dari hasil pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMP Negeri 1 Pakem.Pada kegiatan mengajar terbimbing mengampu kelas VII A.VII B,VII C, dan VII D. Terlaksananya program PLT adalah hasil dari persiapan dan perencanaan dari praktik. Selain itu, keikutsertaan guru pembimbing, DPL jurusan dan siswa-siswi yang ikut menyukseskan pelaksanaan PLT. Dengan kegiatan PLT ini, mahasiswa memiliki pengalaman mengajar langsung di sekolah baik terbimbing maupun mandiri, serta memiliki gambaran mengenai dunia pendidikan di lingkungan sekolah maupun kelas mengenai pelajaran Seni Tari . Pelaksanaan program PLT di SMP Negeri 1 Pakem berjalan dengan baik dan telah memberikan ilmu dan pengalaman baru tentang pelaksanakan pembelajaran di kelas, selain itu, pelaksanaan PLT menjadikan diri mahasiswa lebih dewasa dan dapat belajar dalam menjalin hubungan sosial dengan orang lain. walaupun pelaksanaan program PLT tidak terlepas dari hambatan-hambatan, namun karena hambatan tersebut mahasiswa PLT dapat belajar bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah yang ada.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMP Negeri 1 Pakem, Pendidikan Seni Tari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jan 2018 06:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55176

Actions (login required)

View Item View Item