LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Rafi Diayu Swasti, Rafi Diayu Swasti (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU RAFI DIAYU SWASTI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu cara untuk mengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan adalah dengan melakukan praktik pada lapangan kerja yang sesungguhnya. Guna meningkatkan mutu mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik, Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Tujuan dari diadakannya program PLT adalah untuk mengembangkan potensi mahasiswa UNY yang didesain untuk menjadi calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. Dengan adanya PLT ini diharapkan mahasiswa dapat terlatih dan menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensi di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai tenaga pendidik. PLT telah dilaksanakan pada tanggal 15 September – 15 November 2017. Pelaksanaan PLT di SMP Negeri 1 Pakem telah terkoordinir dengan baik antara mahasiswa, guru, sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan sehingga pelaksanaan praktik mengajar non mengajar dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PLT dilaksanakan di kelas VII B, VII C, dan VII D. Secara umum kegiatan PLT berjalan dengan lancar dengan adaya beberapa hambatan. Hasil dari pelaksanaan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMP Negeri 1 Pakem bagu mahasiswa adalah pengalaman mengajar secara nyata. Selain itu mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang diperoleh di bangku perkuliahan serta pemahaman baru mengenai tugas nyata pendidik di lapangan. Di samping itu, siswa-siswa ajar dapat mendapatkan ilmu pengetahuan dengan berpedoman Kurikulum 2013 dari praktikan. Kegiatan PLT ini dapat dijadikan sebagai wadah pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang mana pada kegiatan PLT ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar, bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PLT, SMP N 1 Pakem Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jan 2018 05:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55174

Actions (login required)

View Item View Item