LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Pradipta Damarjati, Pradipta Damarjati (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PRADIPTA DAMARJATI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. PLT merupakan wahana yang berfungsi mengaplikasikan ilmu yang telah terima di bangku kuliah untuk secara langsung di praktikan di lembaga pendidikan (sekolah). Selain itu, program PLT merupakan implementasi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran. Kegiatan PLT ini bertujuan memberikan pengalaman lapangan faktual mengenai proses pembelajaran dan kegiatan administrasi sekolah sehingga diharapkan mahasiswa dapat menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dalam bidang keprofesian. Kegiatan PLT dilaksanakan mulai tanggal 15 September 2017 hingga tanggal 18 November 2017 bertempat di SMP Negeri 1 Pakem. Melalui kegiatan PLT ini mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama kuliah di UNY dengan baik. Selama pelaksanaan PLT, praktikan mendapat kesempatan 8 kali pertemuan di kelas yaitu 4 kali praktek pengalaman mengajar terbimbing dan 4 kali praktek pengalaman mengajar mandiri. Pelaksanaan PLT dilakukan dengan mengajar di kelas sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PLT ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun praktikan melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 23 kali. Kelas yang diajar sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII A dan VII B. Materi yang diajarkan adalah teks prosedur dan teks laporan hasil observasi. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, problem based learning, diskusi kelompok, dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, video, slide power point, LKS beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Secara umum, program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha menekan dan mencari solusi terhadap semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja sehingga program tersebut dapat terlaksana dengan baik . Hambatan yang muncul seperti adanya siswa yang masih kesulitan memahami materi, kurangnya waktu yang tersedia untuk mendalami materi, dan kesulitan praktikan dalam pengkondisian kelas merupakan hal yang wajar. Praktikan mengamati bahwa munculnya hambatan tersebut diakibatkan karena siswa masih beradaptasi dengan kurikulum 2013 dan mekanisme pembelajaran di SMP Dengan adanya kegiatan PLT ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Selain pengalaman mengajar, praktikan mendapat pengetahuan tentang manajemen sekolah seperti tugas di perpustakaan, piket guru, kerja TU, dan berbagai tugas administrasi. Kegiatan PLT ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PLT ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMP Negeri 1 Pakem, Pembelajaran,
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jan 2018 04:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55172

Actions (login required)

View Item View Item