LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Bayu Rahmadi, Bayu Rahmadi (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
P.T.OTOMOTIF-BAYU RAHMADI-14504244021.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyrakat, serta membina tenaga kependidikan. Salah satu usaha untuk memenuhi tugas tersebut adalah mengikuti mata kuliah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Visi PLT UNY yaitu sebagai pembentuk calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Sebagai calon pendidik, mahasiswa program studi kependidikan seyogyanya mengetahui tentang proses belajar mengajar di sekolah. Oleh karena itu, mereka perlu dibekali dengan pengalaman praktik lapangan. Tujuannya adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau layanan di lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan sekaligus membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran/layanan. Kegiatan praktik lapangan ini pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah atau layanan di lembaga. Sekolah yang menjadi tujuan PLT beralamat di Jl. Raya Piyungan, Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. PLT telah dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Prambanan selama 8 minggu. Berbagai program dan kegiatan PLT telah dilaksanakan. Pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 15 September 2017 – 15 November 2017. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar terbimbing dan mandiri. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program individu tersebut adalah memberikan perubahan proses metode pembelajaran yang asik dan menarik serta sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu student center. Selain itu program PLT yang dilaksanakan adalah Observasi kegiatan belajar dan mengajar di bengkel jurusan pendidikan teknik otomotif, membuat perangkat pembelajaran, administrasi guru, piket, matrik kegiatan PLT, Upacara bendera. Secara garis besar, program-program individu dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan pribadi penyusun, siswa, guru dan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah untuk saat ini maupun di masa yang akan datang.Program PLT selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Hasil yang didapatkan dari kegiatan PLT kali ini yaitu, mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan tentang proses dan tugas keguruan lainnya, dapat mempraktikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah dalam kehidupan nyata, dan dapat memperdalam interaksi sosial di dalam lingkungan sekolah. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PLT UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT SMK Muhammadiyah Prambanan, Otomotif, Universitas Negeri Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jan 2018 03:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55161

Actions (login required)

View Item View Item