Ilham Isnaen Nugroho, Ilham Isnaen Nugroho (2017) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
P.T.MESIN-ILHAM ISNAEN N-14503241032.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Program PPL/PLT adalah program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/PLT yang tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Empat tuntutan kompetensi guru adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. SMK Muhammadiyah Prambanan memiliki tiga jurusan yaitu jurusan Teknik Pemesinan, Teknik Elektronika Industri, dan Teknik Otomotif. Pelaksanaan PPL/PLT di SMK Muhammadiyah Prambanan terbagi atas 7 tahap yaitu; (1) Persiapan di kampus, (2) Observasi lingkungan sekolah, (3) Observasi pembelajaran di kelas, (4) Penyusunan administrasi guru, (5) Penyusunan RPP, (6) Pelaksanaan praktek mengajar, (7) Penyusunan laporan PPL/PLT. Hasil dari PPL/PLT di SMK Muhammadiyah Prambanan yaitu: (1) Praktik mengajar mata pelajaran Las Lanjut pada kelas XI TPB, XI TPC, XI TPD dengan sistem praktik blok, (2) Piket managemen sekolah tugasnya adalah menjaga presensi guru, mengatur managemen bel sekolah, mengkondisikan kelas, mencatat keluar masuk guru maupun peserta didik dan lain-lain. Kurikulum yang digunakan secara umum menggunakan kurikulum 2013 namun belum sepenuhnya maksimal menggunakan kurikulum tersebut.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL/PLT SMK Muhammadiyah Prambanan, Las Lanjut, Praktik Blok |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 30 Jan 2018 03:11 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55159 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |