PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MODEL TUTORIAL ADOBE FLASH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SMP PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS

Hamdani, Fahri and Surjono, Herman Dwi (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MODEL TUTORIAL ADOBE FLASH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SMP PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fahri hamdani-15707251019.swf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran adobe flash yang layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP; (2) mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMP Pondok Psantren Al-Ikhlas Kabupaten Sumbawa Barat pada materi atmosfer dan hidrosfer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada langkah pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas VII. Objek penelitian berupa media pembelajaran Adobe Flash mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan penilaian hasil belajar. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan lembar penilaian hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif untuk kelayakan media dan dampak ketuntasan media terhadap hasil belajar. Analisis kelayakan media dilakukan kuantitatif dengan skala penilaian 5 sedangkan analisis dampak ketuntasan penggunaan media terhadap hasil belajar dengan cara membandingkan hasil (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran Adobe Flash yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS pokok bahasan dampak atmosfer dan hidrosfer terhadap lingkungan. Hal ini didasarkan pada hasil validasi ahli materi pada kategori sangat layak (4,8) dengan persentase kelayakan (96,2%), hasil validasi ahli media kategori sangat layak (4,4) dengan persentase kelayakan (88%), uji coba lapangan awal pada kategori layak (89,2%), uji coba lapangan akhir kategori layak (90,1%). (2) ketuntasan penggunaan media pembelajaran Adobe Flash yang dihasilkan terhadap peningkatan persentase jumlah siswa yang mencapai KBM dari 54% menjadi 93%. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Model tutorial, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2018 07:48
Last Modified: 09 May 2019 08:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55149

Actions (login required)

View Item View Item