Pengembangan Media Pembelajaran Trainer dan Jobsheet yang Mendukung Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Elektronika Digital Kelas X di SMK

MUTI’AH, MUTI’AH and Wardani, Ratna (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Trainer dan Jobsheet yang Mendukung Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Elektronika Digital Kelas X di SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_ MUTIAH_15720251019.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengatasi permasalahan yang ditemukan dalam proses pembelajaran, (2) menghasilkan media pembelajaran berupa Trainer yang memudahkan guru maupun siswa dalam melakasanakan pembelajaran praktikum, (3) menghasilkan media pembelajaran berupa Jobsheet yang mampu mendukung pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada praktikum, dan (4) mengetahui kualitas kelayakan Trainer dan Jobsheet ditinjau dari penilaian ahli materi dan ahli media sebagai Expert Judgments serta penilaian siswa sebagai pengguna. Model Penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model yang dikembangkan oleh Allensi dan Trollip yang terdiri dari tiga tahapan, meliputi: (a) planning, (b) design, (c) Develoment. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMK Negeri di Lombok Barat yaitu SMK Negeri 2 Kuripan. Responden penilaian media diperoleh dari dosen FT UNY dan guru di SMK Negeri 2 Kuripan. Sedangkan Responden ujicoba lapangan terdiri dari 17 siswa kelas X Elektronika Industri. Sumber data penelitian diperoleh dari observasi, kuisioner (ahli media, materi, dan siswa). Data-data tersebut kemudian dianalisis melalui dua tahapan, yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Trainer dan Jobsheet yang dikembangkan membantu dan mempermudah guru maupun siswa dalam melaksanakan pembelajaran praktikum ditinjau dari penilaian guru dan siswa sebagai subjek penelitian, (b) Jobsheet yang dikembangkan sudah mampu mendukung pendekatan pembelajaran PBL ditinjau dari penilaian dosen ahli dan guru kelas (c) kualitas kelayakan Trainer dan Jobsheet ditinjau dari penilaian ahli media dan ahli materi melalui kusioner yang diberikan maka diperoleh rerata skor 3.65 dengan persentase 93.79% untuk ahli materi dan diperoleh rerata skor 3.67 dengan persentase 87.49% untuk ahli media, dari kedua data persentase tersebut berdasarkan tabel kelayakan media Arikunto, maka Trainer dan Jobsheet dikategorikan sangat layak digunakan dalam pembelajaran praktikum (d) kualitas kelayakan Trainer dan Jobsheet ditinjau dari penilaian siswa sebagai pengguna melalui kusioner yang diberikan diperoleh rerata skor 3.45 dengan persentase 86.08%, data persentase tersebut berdasarkan tabel kelayakan media Arikunto, maka Trainer dan Jobsheet dikategorikan sangat layak digunakan dalam pembelajaran praktikum. Kata Kunci: media pembelajaran, Trainer, Jobsheet, Problem Based Learning, Elektronika Digital

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2018 07:48
Last Modified: 09 May 2019 08:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55142

Actions (login required)

View Item View Item