PENGEMBANGAN E-BOOK MATA PELAJARAN SENI MUSIK UNTUK SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2

MAGARA, ARDI and Surjono, Herman Dwi (2017) PENGEMBANGAN E-BOOK MATA PELAJARAN SENI MUSIK UNTUK SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ardi magara-14707251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk e-book untuk pelajaran seni musik kelas VIII semester 2 sesuai prinsip-prinsip desain pesan, (2) mengetahui kelayakan produk e-book untuk proses belajar dan mengajar, dan (3) mengetahui peningkatan pemahaman belajar seni musik. Penelitian pengembangan ini mengacu pada tiga model penelitian pengembangan, yaitu Borg & Gall, Dick & Carey, dan Alessi & Trollip. Dari ketiga model disederhanakan menjadi empat tahap: (1) studi pendahuluan, (2) desain pembelajaran, (3) pengembangan e-book, dan (4) evaluasi. Uji coba produk meliputi uji alpha oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Uji beta dilakukan terhadap 12 siswa kelas VIII-A dengan kategori kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Teknik pengambilan sampel uji beta dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Uji sumatif dilakukan terhadap 32 siswa kelas VIII-F. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara bebas terpimpin, angket untuk ahli media, angket untuk ahli materi, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Tehnik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk eBook Seni Musik untuk siswa SMP kelas VIII semester 2 berhasil dikembangkan. E-Book Seni Musik dikemas dalam bentuk DVD pembelajaran. e-Book Seni Musik terdiri dari: (1) sampul buku, (2) halaman identitas buku, (3) kata pengantar, (4) daftar isi, (5) informasi kompetensi dan tujuan pembelajaran, (6) peta pembelajaran, (7) materi, (8) rangkuman dan side-summary, (9) soal penugasan, (10) daftar pustaka, (11) identitas pengembang. (2) Produk eBook Seni Musik dinyatakan layak berdasarkan hasil uji alpha oleh ahli media dengan skor rata-rata 3,34 dengan kriteria sangat layak dan ahli materi dengan skor rata-rata 3,74 dengan kriteria sangat layak. Sementara itu, hasil uji beta oleh pengguna (siswa) diperoleh skor rata-rata 3,43 dengan kriteria sangat layak. (3) e-Book Seni Musik dinyatakan efektif untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa tentang teknik dan gaya bernyanyi dan bermain ansambel musik diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Perolehan rerata skor pada saat pretest sebesar 47 dan perolehan rerata skor posttest sebesar 77. Terjadi peningkatan dari nilai pretest ke posttest sebesar 30 poin. Sementara itu, penghitungan N-gain terhadap hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan skor siswa dengan rincian 5 siswa (15.6%) pada kategori tinggi, 21 siswa (65,6%) pada kategori sedang, dan 6 siswa (18,8%) pada kategori rendah. Kata kunci: e-book, seni musik, media pembelajaran, hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2018 07:49
Last Modified: 17 Feb 2023 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55141

Actions (login required)

View Item View Item