UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE INKUIRI DI KELAS III SDN BRENGKOL, PITURUH, PURWOREJO

Supriyanti, - (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE INKUIRI DI KELAS III SDN BRENGKOL, PITURUH, PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Supriyanti.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas III dalam pembelajaran IPA melalui metode inkuiri di SDN Brengkol, Pituruh, Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain putaran spiral. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Brengkol, Pituruh, Purworejo yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik kolaborasi. Pelaksanaan siklus I dilakukan dengan menggunakan metode inkuiri terpimpin. Pada siklus II guru melakukan modifikasi tahapan-tahapan metode inkuiri pada kegiatan orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis dan mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan) dan alat pengumpul data berupa lembar observasi. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan konsep kurva normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan keaktifan siswa kelas III dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri di SDN Brengkol, Pituruh, Purworejo. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata maupun persentase dalam tingkatan kategori keaktifan siswa yaitu sebelum dilakukan tindakan rata-rata persentase untuk kategori rendah mencapai 100 %, kategori sedang dan tinggi tampak 0%. Setelah diberi tindakan siklus I tingkat keaktifan siswa mengalami kenaikan untuk kategori rendah menjadi 10,58 (44,10%), untuk kategori sedang menjadi 13,00 (54,16%) dan untuk kategori tinggi menjadi 0,42 (1,74 %). Pada tindakan siklus II tingkat keaktifan siswa mengalami penurunan untuk kategori rendah menjadi 1,08 (4,51%), penurunan untuk kategori sedang menjadi 8,92 (37,15%) dan peningkatan untuk kategori tinggi menjadi 14,00 (58,33%). Kata kunci : keaktifan siswa, metode inkuiri, pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5514

Actions (login required)

View Item View Item