PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI MEMAHAMI ENGINE MANAGEMENT SYSTEM

Edi, Sutopo (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI MEMAHAMI ENGINE MANAGEMENT SYSTEM. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_EDI SUTOPO_13504241059.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui langkah pengembangan media pembelajaran interaktif pada kompetensi memahami engine management system berbasis komputer menggunakan adobe flash, (2) Mengetahui kelayakan dari produk media pembelajaran interaktif berdasarkan penalaian ahli materi dan ahli media, (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif berdasarkan peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Grafinger (1988) yang meliputi tahap analysis, tahap design, tahap development, tahap implementation, dan tahap evaluation. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TKR 2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul sebanyak 31 siswa. Penelitian ini menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer menggunakan adobe flash untuk mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan, khususnya pada kompetensi memahami Engine Management System (EMS). Hasil penelitian menunjukkan: (a) Produk hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan, dengan bentuk fisik berupa compact disk (CD) yang berisi file program media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash pada kompetensi memahami engine management system (EMS) dengan eksistensi .swf dan .exe; (b) Hasil penilaian terhadap media pembelajaran oleh ahli media memperoleh persentase rerata sebesar 97,33% dengan kategori “Sangat Layak”, Menurut ahli materi memperoleh persentase rerata sebesar 84,63% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian oleh siswa memperoleh persentase rerata sebesar 81,28% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian kelayakan secara keseluruhan mendapat persentase rerata sebesar 87,74%, sehingga menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran, (c) Media yang dikembangkan cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash, Engine Management System
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 15:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55132

Actions (login required)

View Item View Item