EVALUASI MODEL COUNTENANCE STAKE PADA PENERAPAN E-LEARNING DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Rana, Dhiya Aprista (2018) EVALUASI MODEL COUNTENANCE STAKE PADA PENERAPAN E-LEARNING DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP .pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) penerapan e-learning di SMK Piri 1 Yogyakarta. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan elearning di SMK Piri 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluasi, menggunakan model evaluasi Countenance Stake. Model evaluasi ini menggunakan tiga tahapan yaitu: tahapan Antecedents (masukan), transaction (proses), output (keluaran). Penelitian ini dilakukan di SMK Piri 1 Yogyakarta mulai tanggal 1 Desember sampai dengan 14 Desember 2017. Subjek penelitian ini meliputi 5 guru dan 16 siswa. Pengumpulan data melalui: observasi, angket dan dokumentasi. Teknik validasi isi instrumen penelitian dengan expert judgement. Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) tahapan perencanaan dan penentuan kebutuhan e-learning mendapat kategori sesuai. Tahapan kemampuan penggunaan e learning mendapat kategori sesuai. Tahapan hasil penerapan e-learning mendapatkan kategori sesuai. (2) e-learning di SMK Piri 1 Yogyakarta menggunakan model evaluasi Countenance Stake. Tahapan Antecedents: Tahapan perencanaan dan penetapan kebutuhan e-learning mendapatkan kategori sesuai. Tahapan transaction: Tahapan kemampuan penggunaan e-learning mendapatkan kategori sesuai. Tahapan Output: tahapan hasil penerapan e-learning mendapatkan kategori sesuai. (3) faktorfaktor yang mempengaruhi penerapan e-learning di SMK Piri 1 Yogyakarta yaitu: faktor pendukung adalah sarana-prasarana yang memadai. Faktor penghambat adalah kurangnya kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis e-learning

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, e-learning, Countenance Stake
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:25
Last Modified: 30 Jan 2019 15:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55126

Actions (login required)

View Item View Item