Amanu, Najib (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
TAS_Amanu Najib_12518244026..pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) merancang dan mengembangkan media pembelajaran board game berbasis augmented reality pada hukum-hukum kelistrikan dan elektronika, (2) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran board game berbasis augmented reality pada hukum-hukum kelistrikan dan elektronika, (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran board game berbasis augmented reality pada hukum-hukum kelistrikan dan elektronika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan produk mengadaptasi model pengembangan ADDIE oleh Lee & Owens yang terdiri atas: (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan dan implementasi (development and implementation), dan (4) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran board game berbasis augmented reality pada hukum-hukum kelistrikan dan elektronika terdiri dari board game dan aplikasi augmented reality; (2) hasil unjuk kerja dari media pembelajaran ini berjalan di berbagai smartphone Android dan sudah dapat menampilkan hasil proses augmented reality; (3) hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapat rerata skor 72 dari skor maksimal 92 dan berada dalam kategori layak; hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapat rerata skor 78,5 dari skor maksimal 96 dan berada dalam kategori sangat layak; dan hasil respon siswa sebagai pengguna memperoleh rerata skor 103,42 dari skor maksimal 112 dan berada dalam kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Board Game Augmented Reality, Hukum Kelistrikan, SMK |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 02:34 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55124 |
Actions (login required)
View Item |