PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Amanu, Najib (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_Amanu Najib_12518244026..pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) merancang dan mengembangkan media pembelajaran board game berbasis augmented reality pada hukum-hukum kelistrikan dan elektronika, (2) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran board game berbasis augmented reality pada hukum-hukum kelistrikan dan elektronika, (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran board game berbasis augmented reality pada hukum-hukum kelistrikan dan elektronika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan produk mengadaptasi model pengembangan ADDIE oleh Lee & Owens yang terdiri atas: (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan dan implementasi (development and implementation), dan (4) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran board game berbasis augmented reality pada hukum-hukum kelistrikan dan elektronika terdiri dari board game dan aplikasi augmented reality; (2) hasil unjuk kerja dari media pembelajaran ini berjalan di berbagai smartphone Android dan sudah dapat menampilkan hasil proses augmented reality; (3) hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapat rerata skor 72 dari skor maksimal 92 dan berada dalam kategori layak; hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapat rerata skor 78,5 dari skor maksimal 96 dan berada dalam kategori sangat layak; dan hasil respon siswa sebagai pengguna memperoleh rerata skor 103,42 dari skor maksimal 112 dan berada dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Board Game Augmented Reality, Hukum Kelistrikan, SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:34
Last Modified: 30 Jan 2019 15:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55124

Actions (login required)

View Item View Item