LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Amrard Nurobi, Amrard Nurobi (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU(PLT)_Amrard Nurobi_PBSI_14201241024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta semester ganjil tahun 2017 yang berlokasi di SMP Negeri 3 Pakem telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada 15 September-15 November 2017. Kelompok PLT di lokasi ini terdiri dari 11 mahasiswa dari 5 program studi, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pemdidikan Seni Tari, Pendidikan Bimbingan Konseling, dan Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi. Tujuan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan potensi diri mahasiswa sebagai tenaga keguruan yang profesional dan memiliki pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang memadai. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 16 dan 15 November 2017, dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan di kelas VIII B dan C, dengan tiap pertemuan berdurasi tiga jam pelajaran. Pokok bahasan yang diajarkan adalah teks cerita fantasai dan teks prosedur pada BAB II dan BAB III pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Teks eksposisi, teks puisi, dan teks prosedur yang diajarkan meliputi pokok bahasan gagasan dan fakta,pola-pola pengembangan, menyimpulkan isi teks, kaidah kebahasaan, langkah-langkah menyajikan teks untuk teks eksposisi. Selanjutnya, untuk tels puisi meliputi unsur pembentuk, unsur pembangun, dan cara membacakan puisi. Teks yang terakhir adalah teks eksplanasi yang berisi ciri-ciri, meringkas, struktur kebahasaan, dan menulis teks eksplanasi. Semua itu disampaikan dengan pendekatan saintifik. Program kegiatan PLT ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar. Selain itu, peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas juga memberikan kelancaran dalam program tersebut. Terlaksananya program PLT ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PLT untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun, praktikan menemui beberapa hambatan ketika melaksanakan PLT, yakni praktikan masih kurang kooperatif antara skenario pembelajaran di RPP dengan implementasi di kelas. Praktikan masih mengunggulkan seni mengajar “improvisasi”. Saat di kelas, praktikan sering menemui kendala bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran saat praktikan hanya berkutat pada RPP semata. Sementara itu, seni pengajaran “improvisasi” justru menjadikan suasana kelas lebih aktif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Aktif, Pembelajaran, SMP Negeri 3 Pakem
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jan 2018 05:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55111

Actions (login required)

View Item View Item