PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGTENGAH KECAMATAN CILONGOK TAHUN AJARAN 2011/2012

Hadiyanti, Ratna Winahyu (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGTENGAH KECAMATAN CILONGOK TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ratnawinahyuh.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 1 Karangtengah Kecamatan Cilongok tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan variabel terikat hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 1 Karangtengah dan variabel bebas media powerpoint. Desain penelitiannya yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karangtengah, yang berjumlah 44 siswa, dan terdiri dari dua kelas. Kelas VA berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol, dan kelas VB 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa dokumentasi dan tes hasil belajar IPA. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu mendeskripsikan rata-rata, median, modus, standar deviasi, range, nilai maksimum dan nilai minimum pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan penggunaan media powerpoint memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 1 Karangtengah Kecamatan Cilongok tahun ajaran 2011/2012. Hal ini dilihat dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82,73 dan rata-rata hasil belajar IPA kelas kontrol sebesar 72,55. Selisih rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebesar 10,18. Dari selisih tersebut dapat diartikan kelas eksperimen memiliki hasil belajar IPA lebih tinggi dari kelas kontrol. Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media powerpoint memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 1 Karangtengah Kecamatan Cilongok tahun ajaran 2011/2012. Kata kunci: media powerpoint, hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5511

Actions (login required)

View Item View Item