Apriyani, Nilawati Dwi (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI I PUROPAKUALAMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
NILAWATI DWI APRIYANI.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri I Puropakualaman dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Puropakualaman Yogyakarta yang berjumlah 62 anak, yang terdiri dari 32 siswa Kelas A dan 30 siswa Kelas B. Sedangkan objek yang diteliti hasil belajar IPS kelas V SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu dengan penyajian data melalui tabel, grafik, dan membandingkan rerata T-skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD dan yang tidak menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD. Hal ini dibuktikan dengan hasil rerata kelompok siswa yang menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD sebesar 77.50 lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil rerata siswa yang tidak menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD sebesar 72.98. Kata kunci : Cooperative Learning Tipe STAD, hasil belajar IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teknologi Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 15:05 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5506 |
Actions (login required)
View Item |