Rokhmah, Mufika (2012) PENGARUH PELAKSANAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS PAKARTI UPK AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Mufika Rokhmah.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pelaksanaan metode eksperimen terhadap kreativitas siswa kelas V SD Negeri Gugus PAKARTI UPK Ajibarang Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V di SD Gugus Pakarti. Melalui teknik pengambilan sampel secara purposive didapat sampel penelitian sejumlah 30 siswa kelas V dari dua SD yang berbeda, yaitu 15 siswa dari SD Negeri 1 Pacasan sebagai kelas kontrol dan 15 siswa dari SD Negeri 2 Karangbawang sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada semester pertama tahun ajaran 20011/20012, yakni pada tanggal 18-23 Juli 2011. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian adalah pedoman pengamatan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa yang diajar dengan metode eksperimen lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan tidak menggunakan metode eksperimen atau dapat dikatakan bahwa pelaksanaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kreativitas siswa dengan nilai thitung = 11,240, dengan ttabel (1,701) pada taraf signifikansi 0,05. Kata kunci: metode eksperimen,kreativitas siswa, pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 15:05 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |