KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERI PENGUATAN(REINFORCEMENT) KEPADA SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI BOGO PANDAK BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012

Sari, Indah Perdana (2012) KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERI PENGUATAN(REINFORCEMENT) KEPADA SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI BOGO PANDAK BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Indah Perdana Sari.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam memberi penguatan dan mendeskripsikan dampak pemberian penguatan terhadap siswa kelas tinggi di SD Negeri Bogo Pandak Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 7 guru kelas tinggi di SD Negeri Bogo Pandak Bantul. Pengumpulan data diambil melalui observasi dan wawancara. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah guru kelas tinggi di SD Negeri Bogo Pandak Bantul sudah menggunakan keterampilan penguatan walaupun secara teori Bapak/ Ibu guru belum mengetahui hakikat keterampilan penguatan. Penguatan yang sering digunakan oleh guru yaitu penguatan gestural berupa senyuman sedangkan penguatan yang tidak pernah digunakan oleh guru adalah penguatan dengan tanda, karena guru beranggapan dengan memberikan hadiah berupa tanda akan menimbulkan kecemburuan di antara siswa dan pemberian hadiah berupa tanda dirasa terlalu membebani guru dalam mempersiakan serta membutuhkan banyak biaya. Dalam pelaksanaannya masih didapati beberapa guru yang memberikan respon negatif kepada siswa, seperti memarahi anak, menyindir anak dan hanya memberikan penguatan kepada siswa yang pandai saja. Adapun dampak penggunaan penguatan positif yaitu (1) meningkatkan kepercayaan diri siswa, (2) meningkat keaktifan atau motivasi belajar, dan (3) menciptakan suasana akrab dan hangat antara guru dan siswa. Dampak penguatan negatif berupa sindiran ataupun bentakan dari guru pada beberapa siswa kelas tinggi dapat meningkatkan semangat atau motivasi belajar siswa dikarenakan siswa merasa malu kepada guru dan teman-teman serta ingin membuktikan bahwa siswa tersebut mampu. Guru dan siswa juga menganggap penguatan tanda berupa nilai yang tinggi merupakan penguatan yang baik bagi siswa kelas tinggi. Kata kunci: keterampilan penguatan (reinforcement), guru SD kelas tinggi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5501

Actions (login required)

View Item View Item