PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK TANPA TEKS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SENDANGADI 1 MLATI (Penelitian Tindakan Kelas)

Pratiwi, Fitria Dian (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK TANPA TEKS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SENDANGADI 1 MLATI (Penelitian Tindakan Kelas). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fitria Dian Pratiwi.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menulis karangan narasi di SD Negeri Sendangadi 1 Mlati belum menggunakan media yang variatif, sehingga keterampilan menulis pada siswa menjadi kurang baik. Penelitian ini bertujuan meningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Sendangadi 1 Mlati yang menggunakan media komik tanpa teks. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, tes menulis karangan narasi, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Instrumen penelitian berupa tes, lembar observasi dan lembar angket. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan terbagi atas keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses ditandai dengan pelaksanaan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Sedangkan keberhasilan produk ditandai dengan keberhasilan siswa dalam praktek menulis karangan narasi dengan menggunakan media komik tanpa teks. Penelitian ini dilakukan dengan teknik kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas V. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan pada tiap-tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media komik tanpa teks dalam pembelajaran menulis karangan narasi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Sendangadi 1 Mlati. Sebelum diadakan Penelitian Tindakan Kelas nilai rata-rata hitung menulis karangan narasi pada siswa sebesar 58,85%. Nilai rata-rata hitung menulis karangan narasi pada siklus I adalah 61,15% dan nilai rata-rata hitung menulis karangan narasi pada siklus II meningkat menjadi 71,04%. Kata kunci: karangan narasi, media komik tanpa teks, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5499

Actions (login required)

View Item View Item