PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DONGENG DI KELAS 1 SDN 1 KRANDEGAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Rinawati, Eti Eka (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DONGENG DI KELAS 1 SDN 1 KRANDEGAN KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eti Eka Rinawati.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media boneka terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi dongeng di kelas 1 SDN 1 Krandegan kabupaten Banjarnegara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode eksperimen jenis kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu penggunaan media boneka sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN Krandegan yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas Mawar, Melati, dan Matahari. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling terhadap kelas. Sampel di dalam penelitian ini yaitu kelas Mawar dan Matahari. Metode pengumpulan data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes hasil belajar dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji t dengan melihat perbedaan hasil posttest pada materi dongeng pada kelompok ekperimen dan kelompok kontrol pada taraf signifikansi 5 % (alpha = 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan media boneka terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi dongeng di kelas 1 SDN 1 Krandegan kabupaten Banjarnegara. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa t hitung sebesar 5,371 dengan taraf signifikan sebesar 0,00 di mana p < 5% artinya terdapat perbedaan nilai hasil belajar kelompok kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Kata kunci: media boneka, hasil belajar, dongeng, kelas 1 SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5498

Actions (login required)

View Item View Item