Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization dan Think Pair Share dengan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas IV.

Kriswantoro, Yopi (2017) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization dan Think Pair Share dengan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yopi-kriswantoro-15712259024.swf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif teams assisted individualization dengan pendekatan matematika realistik dan model pembelajaran think pair share dengan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa sekolah dasar kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest- posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah dasar kelas IV di gugus II Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur. Sampel penelitian ini adalah kelas IVa dan kelas IVb SDN 2 Bapinang Hilir yang dipilih secara acak. Kelas IVa diberi perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif teams assisted individualization dengan pendekatan matematika realistik, sedangkan Kelas IVb diberi perlakuan berupa model pembelajaran think pair share dengan pendekatan matematika realistik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes penalaran dan komunikasi matematis yang diberikan pada saat pretest dan posttest. Keefektifan model pembelajaran pada setiap kelas diketahui dengan uji paired t test. Perbedaan keefektifan kedua model dianalisis menggunakan uji T2 Hotelling. Selanjutnya perbedaan keefektifan pada setiap variabel terikat diketahui dengan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) model pembelajaran kooperatif teams assisted individualization dengan pendekatan matematika realistik secara signifikan efektif terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis. 2) model pembelajaran kooperatif think pair share dengan pendekatan matematika realistik secara signifikan efektif terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis. 3) model pembelajaran kooperatif teams assisted individualization dengan pendekatan matematika realistik secara signifikan lebih efektif dibanding model pembelajaran kooperatif think pair share dengan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, teams assisted individualization, think pair share, pendekatan matematika realistik, penalaran matematis, komunikasi matematis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Jan 2018 03:27
Last Modified: 09 May 2019 08:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54972

Actions (login required)

View Item View Item