PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI LANGENSARI YOGYAKARTA

Endarwati, Dwi (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI LANGENSARI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwi Endarwati.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis karangan narasi antara yang diajar menggunakan media gambar seri dengan gambar tidak berseri pada siswa kelas IV SD Negeri Langensari Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperiment dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Langensari Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari 20 siswa kelas IVA dan 20 siswa kelas IVB. Kelas IVA dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan IVB sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga langkah, yaitu pengukuran sebelum eksperimen, perlakuan eksperimen, dan pengukuran setelah eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket untuk siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji- t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan keterampilan menulis antara kelas yang diajar menggunakan media gambar seri dengan yang menggunakan media gambar tidak berseri. Hal ini terbukti dengan adanya perbedaan yang signifikan pada rata- rata hasil keterampilan menulis antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Apabila dibandingkan rata- rata hasil keterampilan menulis karangan narasi kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, maka hasilnya lebih tinggi kelompok eksperimen. Perbedaan keterampilan menulis karangan narasi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dapat dilihat pada perolehan hasil uji- t sebesar 7,552 > t tabel pada taraf signifikansi 5 % yaitu 2,0244 , yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis karangan narasi siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kata kunci : Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri, Keterampilan Menulis Karangan Narasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5497

Actions (login required)

View Item View Item