UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG CIRI–CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP DENGAN PENDEKATAN CTL (Contextual Teaching and Learning) BAGI SISWA KELAS VI SDN TEGES PURWOREJO

Setiawan, Didik (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG CIRI–CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP DENGAN PENDEKATAN CTL (Contextual Teaching and Learning) BAGI SISWA KELAS VI SDN TEGES PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Didik Setiawan.pdf

Download (85Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang ciri– ciri khusus makhluk hidup dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) bagi siswa kelas VI SDN Teges Purworejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Teges, yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Indikator keberhasilan ditandai dengan meningkatnya hasil belajar IPA tentang ciri–ciri khusus makhluk hidup dimana siswa yang memperoleh nilai sama atau diatas 70 (Nilai KKM) minimal 70% dari keseluruhan siswa. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar IPA tentang ciri – ciri khusus makhluk hidup pada setiap siklus. Pada pratindakan nilai rata-rata hasil evaluasi siswa adalah 53, pada siklus I meningkat 18,04 (dari 53 menjadi 71,04), dan pada siklus II meningkat 7,00 (dari 71,04 menjadi 78,04). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dinilai berhasil dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang ciri–ciri khusus makhluk hidup. Kata kunci: hasil belajar IPA, CTL (Contextual Teaching and Learning)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Depositing User: admin PGSD fip
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 12 Sep 2012 15:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5496

Actions (login required)

View Item View Item