LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Arif Budiarto, Arif Budiarto (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PLT INDIVIDU ARIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mendapatkan secara langsung pengalaman dari penerapan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan. Pelaksanaan kegiatan PLT dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik maupun kependidikan dilembaga tersebut. Pada program PLT UNY tahun 2017, dari prodi teknologi pendidikan merambah ke salah satu ujung tombak pendidikan yaitu sekolah yang berlokasi kecamatan Bantul, kabupaten Bantul, tepatnya di SD 1 Trirenggo. Pelaksanaan PLT di SD 1 Trirenggo dilaksanakan selama 2 bulan terhitung dari tanggal 15 September sampai 15 November 2017. Program PLT ini memiliki tujuan memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu yang didapatkan dibangku perkuliahan didalam dunia kerja. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu menggali berbagai ilmu yang terdapat di sekolah atau lembaga masing-masing sebagai bekal dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Pelaksanaan PLT diawali dengan melakukan observasi lembaga sesuai dengan ranah keilmuan prodi Teknologi Pendidikan salah satunya yaitu sekolah. Sekolah merupakan instansi pendidikan yang dijadikan tempat pelaksanaan PLT dikarenakan kesesuaian dengan prodi teknologi pendidikan seperti penyusunan RPP dan pelaksanaannya, metode dan model pembelajaran dan pengelolaan sumber belajar yang meliputi media, alat peraga, bahan ajar maupun pusat sumber belajar seperti perpustakaan dan laboratorium. Selanjutnya adalah tahap pelaksanaan PLT di SD 1 Trirenggo yang dilaksanakan sesuai dengan ranah kerja prodi teknologi pendidikan yaitu lebih fokus pada tenaga kependidikan dibandingkan tenaga pendidik dengan menerapkan ilmu pada pengelolaan sumber belajar seperti media dan alat peraga serta pengelolaan pusat sumber belajar seperti perpustakaan dan laboratorium. Mahasiswa teknologi pendidikan terdiri dari 5 orang yang membagi tugas sesuai dengan kebutuhan di sekolah yaitu pengelolaan laboratorium, pengelolaan perpustakaan, pengelolaan fisik kelas, pelatihan powerpoint serta pelatihan model-model pembelajaran. Sedangkan program kelompok yaitu kelas hidroponik, pembuatan madding dan pelaksanaan classmeeting. Kegiatan PLT yang dilaksanakan berjalan lancar berkat bantuan berbagai pihak antara lain Dosen Pembimbing Lapangan, Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan, Siswa, dan seluruh warga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jan 2018 06:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54952

Actions (login required)

View Item View Item