LAPORAN INDIVIDUB PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Hikmah Saptaola Srikandi, Hikmah Saptaola Srikandi (2017) LAPORAN INDIVIDUB PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan HIKMAH SAPTAOLA SRIKANDI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mencari pengalaman secara langsung dan menerapkan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan. Penyelenggaraan kegiatan PLT ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga lain yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik dan kependidikan, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Pada kegiatan PLT UNY kali ini, Prodi Teknologi Pendidikan mengambil tempat di Kecamatan Bantul, tepatnya di SDN 1 Trirenggo yang diselenggarakan selama 2 bulan dimulai sejak tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. SDN 1 Trirenggo ini terletak di Dusun Klembon, Kelurahan Trirenggo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. Tujuan dari kegiatan PLT ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk dapat diterapkan dalam dunia kerja kelak. Selain itu, kegiatan PLT bertujuan untuk menggali sebanyak-banyaknya ilmu yang ada di lingkungan sekolah secaara langsung sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Pelaksanaan PLT diawali dengan observasi lembaga pendidikan yang akan digunakan untuk PLT, yaitu dengan melihat potensi yang ada di sekolah tersebut yang meliputi tenaga pendidik, sarana dan prasarana, lingkungan dan bagaimana kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut. Selanjutnya, sebelum melaksanakan kegiatan PLT, mahasiswa telah dibekali pengalaman melalui mata kuliah Praktik Kerja Lapangan agar pada pelaksanaannya mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang dimilikinya. Pelaksanaan progam PLT meliputi berbagai program kerja, seperti Pengelolaan Sumber Belajar di Perpustakaan, Pengembangan Mading Sekolah Adiwiyata, serta Studi Banding Sekolah Adiwiyata. Selain itu, ada pula proker individu yang sifatnya sebagai tambahan atau insidental seperti Verifikasi Lapangan bagi Sekolah Adiwiyata, Kaderisasi Adiwiyata, Pembuatan Karya Tulis Ilmiah, bahkan Inventarisasi Tanaman. Setiap mahasiswa diberi kesempatan untuk melaksanakan berbagai jenis proker yang sudah direncanakan atau dilaksanakan tanpa rencana sebelumnya. Kegiatan PLT yang dilaksanakan di SDN 1 Trirenggo dapat berjalan secara lancar dan baik berkat bantuan semua pihak antara lain Dosen Pembimbing Lapangan, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan seluruh warga sekolah. Setelah pelaksanaan program PLT mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan selama dua bulan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, sekolah adiwiyata, SDN 1 Trirenggo
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jan 2018 06:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54951

Actions (login required)

View Item View Item