PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI PANEMBAHAN YOGYAKARTA

Nikmah, Choirun (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI PANEMBAHAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Choirun Nikmah.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Panembahan Yogyakarta. Dan besarnya pengaruh model pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Panembahan Yogyakarta yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS dalam pokok bahasan kenampakan alam pada siswa kelas IV SD Negeri Panembahan Yogyakarta. Ditunjukkan dengan adanya peninggkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada pretest eksperimen 1 (kondisi awal) nilai rata-ratanya yaitu 46,56, pada hasil postest eksperimen 1 nilai rata-ratanya 51,39. Pada eksperimen 2 nilai rata-rata pretest 45,83, pada nilai rata-rata postest 55. Eksperimen dilakukan sebanyak 8 kali dan selalu mengalami peninggkatan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5495

Actions (login required)

View Item View Item