ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN DITINJAU BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU

Qibtiyah, Maryatul (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN DITINJAU BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (983kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan program remedial di SMA Negeri Kabupaten Sleman, (2) kesesuaian pelaksanaan program remedial dengan standar Kurikulum 2013, dan (3) keterkaitan pelaksanaan program remedial dengan latar belakang pendidikan guru. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan metode survei yang dilaksanakan pada April hingga Juni 2017. Populasi penelitian ini adalah guru-guru Biologi di SMA Negeri Kabupaten Sleman dan sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling dengan keseluruhan sampel 8 orang guru. Variabel tergayut dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program remedial pada mata pelajaran Biologi, dan variabel bebas adalah latar belakang pendidikan guru mencakup jenjang pendidikan terakhir, keikutsertaan diklat, dan MGMP. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dengan menghitung perolehan skor angket yang telah diisi oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan program remedial dilaksanakan menggunakan pendekatan kuratif dengan metode penugasan, tutor sebaya, reteaching, bimbingan khusus, dan pemberian ulang soal. Program remedial dilaksanakan setelah ulangan harian, setelah UTS, setelah UAS, dan pada akhir semester menjelang penerimaan rapor. (2) program remedial yang terlaksana secara umum baik. Penerapan metode sudah variatif sesuai dengan panduan atau standard Kurikulum 2013, namun secara pelaksanaan guru belum melakukan langkah diagnosis, serta waktu pelaksanaan yang dipaksakan untuk menjadi seminim mungkin karena berbagai hambatan, (3) tidak terdapat keterkaitan antara pelaksanaan program remedial dengan latar belakang pendidikan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latar belakang pendidikan guru, kesesuaian standar, pelaksanaan, program remedial
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 15 Jan 2018 02:12
Last Modified: 30 Jan 2019 15:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54916

Actions (login required)

View Item View Item