AYURDIA PERWIRA SANTOSA, AYURDIA PERWIRA SANTOSA (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
14208244005 Ayurdia Perwira Santosa.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib yang berbobot 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, mahasiswa melaksanakan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) SMP Negeri 3 Sewon di Jalan Bantul KM 6,5 Kelurahan Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini ditujukan untuk mahasiswa kependidikan yang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang praktik mengajar di sekolah serta kegiatan persekolahan lainnya yang dimanfaatkan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik dikemudian hari. Selain itu, Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilakukan untuk menerapkan ilmu akademis selama duduk dibangku perkuliahan dan agar mampu meningkatkan kompetensi sebagai calon tenaga pendidik yang mencakup kompetensi profesional, pendidikan, sosial, dan kepribadian. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pemberian layanan program pengajaran di sekolah dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa. Pelaksanaan PLT ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, dan praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 24 kali tatap muka yang dihitung 10 kali pertemuan untuk 4 kelas. yaitu kelas VII A, VII B, VII C dan VII D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan ceramah. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain alat praktikum, dan buku paket. Ada beberapa kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PLT, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya kurang terbangunya kesadaran siswa untuk memaknai arti penting belajar dan sekolah. Namun hal ini justru menjadi koreksi bagi para pendidik untuk meningkatkan dorongan dan motivasi arti penting belajar bagi siswa dalam mencapai cita-cita. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMP Negeri 3 Sewon, Pendidikan Seni Budaya |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 11 Jan 2018 00:11 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |