PENGARUH PENDEKATAN WORKED EXAMPLE DAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VIII

Arifah, Annisa Nur and Retnowati, Endah (2017) PENGARUH PENDEKATAN WORKED EXAMPLE DAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) menguji apakah ada perbedaan pengaruh antara pendekatan worked example dan problem solving ditinjau dari kemampuan retensi, dan (2) menguji apakah ada perbedaan pengaruh antara pendekatan worked example dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian posttest-only grup design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII yang belum mempelajari materi panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran dan panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran. Sedangkan sampel penelitian adalah kelas VIII A dan VIII D di SMP Negeri di Depok, Sleman, Yogyakarta. Instrumen penelitian berupa tes retensi dan tes kreatif. Instrumen telah dinyatakan valid oleh validator ahli sebanyak dua orang. Serta reliabilitas instrumen menunjukkan hasil yang reliabel (alpha cronbach tes retensi = 0,821 dan alpha cronbach tes kreatif = 0,524). Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh antara pendekatan worked example dan problem solving ditinjau dari kemampuan retensi dengan pendekatan Worked Example lebih berpengaruh daripada pendekatan problem solving. (2) Tidak terdapat perbedaan pengaruh antara pendekatan worked example dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif. Dengan kata lain, pendekatan worked example dan problem solving sama-sama dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: worked example, problem solving, kemampuan retensi, kemampuan berpikir kreatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 15 Jan 2018 02:05
Last Modified: 30 Jan 2019 15:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54902

Actions (login required)

View Item View Item