LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Intan Diah Prasepti, Intan Diah Prasepti (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP_PLT_INTAN DIAH PRASEPTI _14108241014.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan bentuk transisi mahasiswa dari lingkungan akademik menuju lingkungan non-Akademik. Pelaksanaan PLT tidak terlepas dari kultur perguruan tinggi yang dimanifestasikan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, pengajaran, dan pengabdian masyarakat. PLT dilaksanakan pada lembaga pendidikan atau sekolah. Pada lembaga pendidikan, kegiatan PLT dilaksanakan di SD Negeri Ngoto. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh data tentang kegiatan yang sedang atau akan dilaksanakan di SD Negeri Ngoto. Program kerja yang disusun oleh tim PLT berdasarkan hasil observasi yaitu program-program di: pengadaan media, pembuatan lapangan gobag sodor, pembuatan lapangan engklek, pengecatan bak sampah, pelayanan perpustakaan, pendampingan eksrakurikuler komputer, pendampingan eksrakurikuler tari, perawatan, pendampingan eksrakurikuler pramuka, latihan upacara, pendampingan kegiatan siswa di luar kelas, mengganti guru mengajar dan penyusunan RPP untuk mengajar terbimbing, mandiri dan ujian. Program PLT terdiri dari Program Mengajar dan Program Non Mengajar. Program Mengajar merupakan program utama mahasiswa praktikan. Program ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program ini dilakukan selama 10 kali mengajar yang terdiri dari 4 kali mengajar terbimbing, 4 kali mengajar mandiri, dan 2 kali mengajar ujian. Adapun praktik mengajar yang dilakukan mahasiswa praktikan yakni pada kelas rendah dan pada kelas tinggi secara seimbang. Sedangkan Program Non Mengajar merupakan program kerja yang bersifat penunjang pelaksanaan PLT. Mahasiswa praktikan telah menempuh jam kerja sebanyak 367 jam dan telah memenuhi jam minimal. Secara keseluruhan program PLT di SD Negeri Ngoto berjalan dengan baik dan lancar. Walaupun terdapat beberapa permasalahan dan kendala saat di lapangan, semuanya dapat diselesaikan dengan baik berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa, Guru, Karyawan, DPL dan siswa SD Negeri Ngoto.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Pelaksanaan PLT, dan SD Negeri Ngoto
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jan 2018 01:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54888

Actions (login required)

View Item View Item