LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Ismi Julia Pertiwi, Ismi Julia Pertiwi (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP_PLT_ISMI JULIA P_14108241013.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SD Ngoto yang terletak di Jalan Imogiri km 7, Semail, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta dan berlangsung selama kurang lebih 8 minggu, sejak tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa pada umumnya. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempunyai program PLT untuk mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas output dengan cara menunjukkan realita di lapangan khususnya sekolah agar para mahasiswa dapat lebih meningkatkan eksistensinya dalam dunia pendidikan serta menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan atau calon guru. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilakukan secara bertahap, mulai dari pembekalan, penerjunan, hingga penyusunan laporan. Kegiatannya meliputi praktik mengajar dan kegiatan lain yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Praktik mengajar dilakukan di kelas 1-5 dengan jumlah 10 kali pertemuan. Hasil yang dicapai selama PLT ialah praktik memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar umumnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meskipun masih terdapat beberapa hambatan. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) adalah mahasiswa dapat menerapkan ilmunya langsung dalam kegiatan pembelajaran; mahasiswa dapatmemahami permasalahan yang mungkin timbul dalam kegiatan pembelajaran di sekolah serta cara mengatasinya; dan mahasiswa dapat melatih keterampilannya untuk menjadi pendidik yang professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jan 2018 01:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54887

Actions (login required)

View Item View Item