LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Agus Ariani, Agus Ariani (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14513241057-AGUS ARIANI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu upaya Universitas Negeri Yogyakarta mendidik mahasiswanya dalam pembentukkan karakter dan profesionalisme sebagai calon tenaga pendidik masa depan. Kegiatan ini bertujuan untuk (1) Memberikan pengalaman secara nyata terkait dengan pembelajaran dan manajerial sekolah sehingga kompetensi keguruan yang dimiliki semakin berkembang, (2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan yang ada di sekolah, (3) Menerapkan keilmuan yang telah didapat semasa perkuliahan, (4) Menumbuhkan motivasi dalam hal pegembangan sekolah atau lembaga terkait, (5) Meningkatkan hubungan kerjasama antara sekolah, pemerintah daerah terkait, dan lembaga UNY di masa depan. Pelaksanaan kegiatan PLT diawali dengan observasi, persiapan, pelaksanaan, analisis hasil, dan kesimpulan. Dalam pelaksanaan mengajar (PLT), mahasiswa terkait mengampu 2 kompetensi yaitu Busana Industri dan Dasar Teknologi Menjahit yang diajarkan kepada XI TB 3 dan X TB 1. Alokasi waktu mengajar dalam 1 minggu adalah 17 jam (@ 45 menit) dengan rincian 1 pertemuan (4 x 45 menit) untuk kompetensi Dasar Teknologi Menjahit dan 2 pertemuan (9 x 45 menit dan 4 x 45 menit) berturut-turut untuk kompetensi Busana Industri. Hasil dari pelaksanaan ini adalah terlaksananya semua perencanaan dengan lancar. Kesimpulan dari kegiatan PLT ini adalah (1) PLT merupakan sarana menerapkan ilmu dan pengetahuan dari perkuliahan didunia pendidikan secara nyata, (2) PLT merupakan sarana menimba ilmu dan pengetahuan yang tidak didapatkan di bangku perkuliahan, (3) PLT menjadi cara mendalami proses pembelajaran secara langsung, menumbuhkan karakter dan profesionalisme sebagai calon tenaga pendidik masa depan, (4) Adanya PLT membantu mahasiswa mendalami kedudukan, fungsi, peran, tugas, dan tanggungjawab sekolah sebagai lembaga pendidikan secara nyata. Dimana semua sekolah memiliki tujuan yang sama (berhasilnya proses kegiatan belajar mengajar) walaupun bergerak dibidang yang berbeda, (5) Keberhasilan dari proses belajar mengajar disekolah tergantung dari guru dan murid yang didukung oleh sarana dan prasarana yang ada.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Tujuan Praktik Lapangan Terbimbing, Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing, Kesimpulan Praktik Lapangan Terbimbing
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jan 2018 04:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54877

Actions (login required)

View Item View Item