LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Paryanti, Paryanti (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14511241051-PARYANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa SI kependidikan. Kegiatan PLT dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan kesempatan kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapakan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplilkasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara factual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Pelaksanaan program PPL bagi mahasiswa kependidikan ini memiliki misi menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang professional. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PLT langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMK Negeri 1 Pandak. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pandak yang dimulai dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain : Persiapan mengajar, penyusunan administrasi mengajar, penyusunan RPP, KBM, penyusunan media pembelajaran, pelaksanaan administrasi sekolah dan lain sebagainya. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PLT adalah meningkatnya kemampuan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dibangku kuliah sekaligus semakin luasnya wawasan dan pengalaman tentang kegiatan pendidikan dan kegiatan lain yang menunjang kelancaran proses belajar-mengajar disekolah. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah PLT ini harus menempuh lebih kurangnya 256 jam dalam pelaksanaannya. Selama kegiatan PLT di SMK Negeri 1 Pandak, dalam realisasinya penyusunan telah menempuh sebanyak 290 jam. Penyusunan kegiatan PLT di SMK Negeri 1 Pandak membantu mengampu mata pelajaran Produksi Hasil Perkebunan untuk kelas XI APHP 2 dan XI APHP. Secara umum pelaksanaan program-program yang telah disusun dapat dikatakan terlaksana dengan baik dan lancar, walaupun ada sedikit hambatan. Namun ix hambatan tersebut dapat diatasi. Dengan terseleseikannya kegiatan PLT ini diharapkan dapat tercipta tenaga kerja pendidik yang berkualitas dan professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing. Program Praktik Lapangan Terbimbing, Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jan 2018 03:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54874

Actions (login required)

View Item View Item