LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Dinda Hidayati, Dinda Hidayati (2017) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13513241044-DINDA HIDAYATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan pengembangan program pengabdian di bidang pendidikan yang sebelumnya disebut dengan istilah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Universitas Negeri Yogyakarta. Program ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan ini bertujuan untuk (1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. (2) memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga, baik yang terkait atau dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan. (3) meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah, atau lembaga pendidikan. (4) memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri. (5) meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Pelaksanaan kegiatan PLT dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, analisis hasil, dan kesimpulan. Dalam praktik mengajar (PLT) praktikan mengampu 3 mata pelajaran yaitu Dasar Pola untuk kelas X BB 1 dan X BB 2 dan Pengantar Pariwisata kelas XI BB 2 dan pembuatan busana industri kelas XI BB 2. Selama pelaksanaan program , mahasiswa juga ikut terlibat dalam pengerjaan administrasi guru dan sekolah seperti pendataan peserta didik untuk kebutuhan beasiswa, mengerjakan pengadaan lembar jawaban siswa, dan membantu guru menyampaikan tugas kepada siswa disaat guru berhalangan hadir di kelas. Hasil kegiatan ini adalah terlaksananya program kerja PLT yang telah direncanakan. Berbagai hambatan dan kendala yang dialami mahasiswa disekolah diharapkan dapat menjadikan mahasiswa lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi permasalahan serupa dimasa mendatang. Sebagai calon pendidik yang baik kita tidak hanya dituntut untuk bisa mengajar dan mendidik dalam hal akademis saja namun juga dituntut memiliki personalia yang baik dalam kehidupan masyarakat sehingga Indonesia dapat menjadi negara yang bertaqwa, mandiri dan cendekia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jan 2018 03:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54870

Actions (login required)

View Item View Item