Dika Yunanto, Dika Yunanto (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN INDIVIDU.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) menjadi sarana mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan teori yang sudah dipelajar di bangku perkuliahan secara nyata sebagai seorang pendidik. Kegiatan PLT menempatkan mahasiswa untuk melakukan interaksi langsung kepada siswa, guru, dan juga kultur sekolah. Interaksi yang dilakukan tidak hanya sekedar ketika jam pelajaran tetapi dilakukan selama kegiatan PLT untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa PLT. Kegiatan PLT pada tahun akademik 2017/2018 berlangsung selama dua bulan terhitung dari tangga 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. PLT dilaksanakan di SMP N 2 Pleret. Sebelum pelaksanaan PLT terlebih dahulu dilakukan kegiatan observasi di bulan Maret 2017 untuk mengetahui tentang kondisi sekolah dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Kegiatan PLT tahun ini meliputi : observasi, pembuatan perangkat pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, hingga evaluasi pembelajaran. Seluruh kegiatan tersebut dikoordinasi dan dikonsultasikan dengan guru pembimbing di sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) SMP Negeri 2 Pleret yang beralamat di Kedaton, Pleret, Bantul, Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PLT tahun ini. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PLT yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Dalam pelaksanaan PLT ini, mahasiswa (penulis) berkesempatan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas VII dan VIII. Kurikulum yang digunakan di sekolah ini adalah Kurikulum 2013, sehingga penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disesuaikan dengan Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti pada Kurikulum 2013. Dalam ketentuan PLT mahasiswa praktikan diwajibkan mengajar selama minimal 8 kali tatap muka untuk, akan tetapi alokasi waktu setiap pertemuan adalah 2 jam pelajaran untuk kelas VII dan 2 jam pelajaran untuk kelas VIII. Jadi dalam satu minggu mahasiswa praktik mengajar selama 8 jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas, serta evaluasi pembelajaran. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara berinteraksi dan mengelola siswa di luar kelas. Karena guru tidak hanya memberikan ilmu dikelas namun juga mendidik siswa di luar kelas.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Lapangan Terbimbing, Perangkat Pembelajaran, Proses Pembelajaran, SMP N 2 Pleret |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Jan 2018 03:11 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |