LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Susi Witdiyawati, Susi Witdiyawati (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Susi Witdiyawati.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih diri dan menambah pengalaman dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah. PLT bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar dan diharapkan dengan PLT ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester khusus tahun 2017 ini adalah di SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Mahasiswa dalam pelaksanaan PLT melalui beberapa tahap yaitu diawali dengan observasi sekolah dengan melihat secara langsung KBM yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai bidang ilmunya masing-masing. Kemudian dilaksanakan kegiatan mengajar di kampus bersama dosen micro teaching dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktik mengajar di sekolah. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas X sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Selain itu, penulis juga membantu guru pembimbing ketika berhalangan hadir untuk mengajar di kelas XII. Dalam praktik mengajar dilakukan berbagai persiapan mulai dari penulisan RPP, materi pembelajaran, media pembelajaran, hingga pembuatan soal ulangan dan analisis butir soal. Hasil kegiatan PLT selama dua bulan ini memberikan cukup pengalaman bagi mahasiswa sebagai bekal mengajar. Pelaksanaan PLT dirasa dapat memberikan bekal pada mahasiswa mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansinya. Hal penting yang harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY 2017, SMAN 1 Banguntapan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jan 2018 05:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54845

Actions (login required)

View Item View Item