LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Latifia Nazalati, Latifia Nazalati (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LATIFIA N 14104241009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam aspek penguasaan ilmu yang lengkap terdiri dari tiga kemampuan yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Ketiganya saling melengkapi dan menguatkan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan gabungan dari ketiga kemampuan tersebut. Tidak jauh berbeda dengan guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling juga harus mengetahui dan menguasai teori-teori BK dan diterapkan dalam pemberian layanan pada konseli. Tujuan dari kegiatan ini adalah mahasiswa memperoleh pengalaman secara langsung dengan situasi dan kondisi yang nyata, sehingga pada akhirnya nanti dapat menjadi konselor yang memiliki integritas dan profesionalitas. PLT dilaksanakan selama dua bulan, yaitu mulai dari tanggal 15 September sampai dengan 15 November. Mahasiswa akan memperoleh guru pembimbing lapangan sesuai dengan jurusan masing-masing. Kegiatan PLT di SMA N 1 Banguntapan dimulai dari tahap observasi situasi, kondisi serta administrasi yang kemudian dituangkan dalam matrik kerja PLT. Matrik kerja PLT BK mempertimbangkan 4 layanan BK yaitu layanan dasar, responsif, perencanaan individual, dan dukungan sistem serta 4 bidang BK yaitu bidang pribadi, sosial, karier dan belajar. Melalui alat tes yang telah tersedia dan didukung oleh pengamatan terhadap siswa, tema yang diguanakan dalam RPL merupakan jenis kasus yang dialami oleh kebanyakan siswa di SMA N 1 Banguntapan. Dalam pembelajaran di SMA N 1 Banguntapan tidak disediakan jam khusus masuk kelas untuk Bimbingan dan Konseling. Layanan bimbingan dan konseling sangat luas, walaupun tidak ada jam masuk kelas, namun layanan masih bisa dilakukan dengan meminta jam pelajaran pada guru mata pelajaran terkait. Bimbingan kelompok, konseling individu, konseling kelompok, juga dapat dilakukan diluar jam pelajaran. Hampir seluruh program dalam matrik dapat terlaksana sesuai yang diharapkan. Dikahir kegiatan praktik lapangan terbimbing mahasiswa wajib membuat laporan selama kegiatan PLT 2 bulan ini. Guru Pembimbing di sekolah melakukan penlaian terhadap mahasiswa bimbingannya berdasarkan form yang sudah disediakan dan diserahkan ke Dosen Pembimbing Lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMA N 1 Banguntapan, PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jan 2018 05:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54839

Actions (login required)

View Item View Item