LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Bahendra Kartika Putri, Bahendra Kartika Putri (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Bahasa Jerman_14203241029_Bahendra Kartika Putri.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) semester ganjil tahun 2017/2018 telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sewon, Jl. Parangtritis km 5 Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55187 selama 2 bulan sejak tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. PLT sebagai usaha untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran serta mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan memecahkan masalah. Dalam Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini mahasiswa terjun langsung ke sekolah dan berbaur dengan warga sekolah. Setelah menjalani proses adaptasi, mahasiswa diharapkan dapat menjalankan tugas pokok, peran, dan fungsinya selama PLT dengan baik. Program utama penulis adalah kegiatan pembelajaran bahasa Jerman di kelas X IPS 1 dan XI MIPA 6. Sementara itu, program lain yang dilakukan antara lain mempelajari administrasi guru, kegiatan-kegiatan sekolah, pendampingan kegiatan ekstrakurikuler, program adiwiyata yakni tamanisasi, mengawas PTS, menonton film G30SPKI, pengajian dalam rangka memperingati tanggal 1 Muharram, mengikuti upacara bendera dalam rangka hari kesaktian pancasila, sumpah pemuda. Secara keseluruhan semua program terlaksana sesuai dengan perencanaann meskipun adanya hambatan-hambatan baik internal maupun eksternal. Keberhasilan program-program PLT dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara sekolah dan mahasiswa. Dampak positif bagi mahasiswa adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru sedangkan untuk sekolah adalah memperoleh memperoleh kesempatan untuk dapat andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA Negeri 1 Sewon, Program PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jan 2018 07:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54793

Actions (login required)

View Item View Item